Select Menu

Slider

Visit Sambau

Info Keg. Daerah

Musrenbang

My Place

Galery Foto

Kampung Tua Sambau

Videos

» » Profil Kelurahan Sambau 2014
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Awaluddin, SE (Sekretaris Lurah Sambau Kec. Nongsa-Batam)
Sejarah Kelurahan / Dasar Hukum
Kelurahan Sambau merupakan satu dari enam puluh empat Kelurahan yang ada pada saat ini di wilayah Administratif  Kota Batam, Sebelum ditetapkan menjadi Kelurahan,  Kelurahan Sambau merupakan bagian dari  Desa Nongsa, yang wilayahnya pada waktu itu merupakan gabungan dari dua Kelurahan yang ada Sekarang ini yaitu Kelurahan Sambau dan Kelurahan Batu Besar.

Dengan terbitnya Peraturan Daerah kota Batam Nomor 4 Tahun 2002 tentang Perubahan Status Desa menjadi Kelurahan (Lembaran Daerah Kota Batam No. 20 seri D) maka Desa Nongsa dibagi menjadi dua Kelurahan, Yaitu Kelurahan Nongsa dan Kelurahan Batu Besar.

Selanjutnya dengan adanya Perda Kota Batam Nomor 2 Tahun 2005 Tentang Pemekaran, Perubahan, dan Pembentukan Kecamatan dan Kelurahan dalam Daerah Kota Batam (Lembaran Daerah kota Batam Tahun 2005 Nomor 65 seri D Tambahan Lembaran Daerah No 34) Kecamatan Nongsa dimekarkan menjadi dua Kecamatan yaitu Kecamatan Nongsa dan Kecamatan Batam Kota. Seiring dengan itu, untuk menghindari kesalahan persepsi antara Kelurahan Nongsa dan Kecamatan Nongsa, maka nama  Kelurahan Nongsa berubah menjadi Kelurahan Sambau, yang diambil dari salah sasu nama perkampungan penduduk zaman dahulu di Desa Nongsa

Peta Kelurahan Sambau. Klik Here

Kondisi Geografis
Secara umum Kelurahan Sambau adalah salah satu  Kelurahan di lingkungan Pemerintahan Kecamatan Nongsa Kota Batam Propinsi Kepulauan Riau dengan luas wilayah Daratan:   2.541 Ha, dan wilayah Laut :  4.120 Ha, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :
Sebelah Timur : Berbatas dengan Laut Nongsa
Sebelah Barat : Berbatas dengan Laut Teluk Tering 
Sebelah Utara : Berbatas dengan Laut Selat Malaka
Sebelah Selatan : Berbatas dengan kelurahan Batu Besar

Iklim dan Curah Hujan
Iklim di Kelurahan Sambau  seperti juga iklim di Kota Batam pada umumnya yaitu iklim tropis dengan tempratur udara (suhu) minimum 20,2  derajat celcius dan suhu maksimum adalah 33,4 derajat celcius. Sedang tekanan udara minimum 1001,1 mb – 1006,9 mb dan tekanan udara maksimum 1009,8 – 1014,1 mb.

Selanjutnya Kelurahan Sambau mempunyai kelembapan udara minimal 46 % - 59 % dan kelembapan udara maksimum 98 % - 100 % dan rata – rata  yang  cukup  tinggi  yakni  berkisar   antara 80 % - 86 %. Kecepatan angin maksimum 15-24 knot dengan rata – rata kecepatan angin 3-7 knot. Sementara jumlah hari hujan juga cukup tinggi yakni 210 hari, dengan rata – rata curah hujan perbulannya 206,0 mm dengan jumlah total 2471,4 mm  selama 2010.  

Ibu Kota kecamatan sendiri berada di wilayah kerja kelurahan Kabil dengan jarak antara Kantor Kecamatan dengan Kantor Kelurahan Sambau lebih kurang  15  Km. 

Berdasarkan kondisi geografis Kelurahan Sambau merupakan wilayah yang strategis, terbukti dengan adanya Industri perhotelan dan lapangan golf

Struktur Organisasi Kel. Sambau 2014, Klik Here
Untuk mendapatkan Profil Kelurahan Sambau 2014 secara lengkap, Download Here

Profil Kelurahan Bab I : Gambaran Umum Kelurahan
Profil Kel. Sambau 2014, akan perbaharui selengkap-lengkapnya

About Awaluddin Ahmad

Selamat Datang di Blog Kelurahan Sambau Kec. Nongsa Kota Batam "Biographical Info" Hanya Untuk Berbagi Info tentang Aktivitas Kami, Salam Kenal dan Semoga Sukses Selalu
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar