Select Menu

Slider

Visit Sambau

Info Keg. Daerah

Musrenbang

My Place

Galery Foto

Kampung Tua Sambau

Videos

» » Mengenal Makam Raja Nong Isa Di Kelurahan Sambau
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
This is the last post.




“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya”.
Pernyataan tersebut memang benar adanya. Sebab dengan menghargai sejarah, kita dapat mengambil pelajaran pada kisah-kisah perjuangan hidup di masa lampau sebagai refleksi diri di masa sekarang. Indonesia yang merupakan negara multi etnis dengan beragam kebudayaan yang terdapat di dalamnya juga tidak terlepas dari berbagai kisah-kisah sejarah di masa lampau, mulai dari sejarah raja-raja di Indonesia, sejarah kedatangan bangsa asing seperti Portugis, Belanda dan Inggris, masa pemerintahan Belanda di Indonesia, hingga masa perjuangan Bangsa Indonesia hingga Proklamasi. Ya, semua itu merupakan cerita sejarah di masa lampau yang harus kita ambil manfaatnya untuk kehidupan yang sekarang !

Ternyata sejarah di masa lampau tidak hanya meninggalkan cerita tentang sebuah perjuangan, tapi juga menjadikan Indonesia sebagai negara yang multi etnis seperti sekarang ini. Bagaimana tidak ? Pada masa dahulu banyak pendatang-pendatang dari suku bangsa asing yang menikah dengan penduduk pribumi tepatnya pada masa Proto hingga Deutro Melayu, kemudian memilih menetap di Indonesia sehingga keturunan hingga saat ini tetap mewariskan beragam kebudayaan yang menjadi sebuah keanekaragaman yang sangat eksotis di Indonesia.

Berbicara tentang Pulau Batam. Pulau yang kini telah menjadi salah satu kawasan industri yang berkembang pesat di Indonesia ini, ternyata juga tak lepas dari kisah sejarah di masa lampau. Ya, tepatnya pada tahun 1700′an hingga 1900′an adalah masa dimana Batam dan sekitarnya masih dipimpin oleh Pemerintahan Hindia Belanda, namun sebagian wilayah lainnya dikuasai oleh Pemerintahan Monarki yaitu alih pemerintahannya dipegang oleh Raja-Raja Melayu yang berkuasa di beberapa daerah seperti di Nongsa maupun di Daik, Lingga. Bahkan menurut catatan sejarah, daerah tersebut dahulunya pernah mengalami puncak kejayaan dibawah pemerintahan raja-raja Melayu tersebut.

Seperti di daerah Nongsa, Pulau Batam. Daerah ini dulunya dikuasai oleh seorang penguasa yang bernama Nong Isa. Ya, Nong Isa adalah nama kecil dari Raja Isa bin Raja Ali yang merupakan seseorang yang pertama kali di beri amanah dari Sultan Riau untuk berkuasa di Pulau Batam tepatnya di daerah Nongsa dan beberapa daerah lain di sekitar Nongsa pada tanggal 18 Desember 1829. Menurut informasi, daerah Nongsa sendiri diambil dari nama kecil Raja Isa bin Raja Ali tersebut. Nong Isa adalah penduduk asli Pulau Batam yang beretnis Melayu, bahkan keturunan dari Nong Isa hingga kini masih banyak ditemukan di Pulau Batam dan sekitarnya.

Sejak Nong Isa berkuasa di salah satu wilayah Pulau Batam, wilayah tersebut semakin terlihat kemajuan secara signifikan dikarena pemerintahannya yang ditata dengan baik dan transparansi mencakup semua sektor. Hal itu dibuktikan dari banyaknya pendatang-pendatang dari daerah lain yang memilih menetap di wilayah tersebut, sehingga terbentuknya beberapa pemukiman penduduk dan dusun-dusun yang tersebar dalam beberapa kawasan. Selain sektor-sektor perekonomian di daerah tersebut pun juga mulai terbentuk dan mengalami kemajuan seperti sektor pertanian yang terdapat di beberapa kawasan maupun sektor perdagangan yang merupakan usaha dari masyarakat di sekitarnya.

Nong Isa wafat setelah 3 tahun berkuasa di daerah Nongsa dan sekitarnya, tepatnya pada tahun 1831. Setelah beliau wafat, daerah Nongsa dan sekitarnya tidak mengalami perubahan baik di sektor apapun, bahkan beberapa sektor yang pernah dikelola dibawah pemerintahannya dahulu semakin berkembang pesat. Hal tersebut juga tak terlepas dari campur tangan pemerintahan Yang Dipertuan Muda Riau X Raja Muhammad Yusuf Al-Ahmadi, yang merupakan salah satu Raja Melayu yang berkuasa pada itu. Bahkan beberapa sektor tersebut masih terus berkembang dan dipertahankan hingga kini.

Kompleks pemakaman keluarga Raja Nong Isa
Ada satu wisata sejarah yang menarik di Pulau Batam ini selain Kampung Pengungsi Vietnam yaitu Makam Keluarga Nong Isa, yang terletak di Nongsa Pantai Kelurahan Sambau Kec. Nongsa. Pemakaman ini merupakan sebuah pemakaman yang dikhususkan bagi keluarga Nong Isa. Jumlah makam di pemakaman ini ada sekitar 40 lebih. Namun menurut informasi, makam Nong Isa sendiri tidak diketahui keberadaannya karena Nong Isa tidak di kebumikan di areal pemakaman ini. Namun areal pemakaman ini telah ditata secara rapi oleh pemerintah Batam sehingga menjadikan areal pemakaman ini sebagai salah satu tempat untuk berwisata sejarah. Makam Keluarga Nong Isa ini terletak di kawasan salah satu kawasan Pantai Nongsa.

Anak tangga menuju ke Makam Raja Nong Isa Kel. Sambau Kec. Nongsa
Untuk sampai ke areal pemakaman ini, terdapat berpuluh-puluh anak tangga yang harus dilalui oleh wisatawan. Ya, karena letak pemakaman ini terletak di perbukitan yang dihiasi oleh pepohonan rindang di sekitarnya. Pada gerbang areal pemakaman ini terdapat sebuah papan nama dengan tulisan “Selamat Datang di Makam Keluarga Nong Isa” yang berukuran cukup besar. Areal pemakaman ini juga terlihat bersih dan tertata dengan rapi karena Pemerintah setempat selalu menjaga salah satu situs sejarah ini agar selalu lestari.

Makam Keluarga Raja Nong Isa Di Kelurahan Sambau Kec. Nongsa Kota Batam

Makam Keluarga Raja Nong Isa Di Kelurahan Sambau Kec. Nongsa Kota Batam
Selain itu di setiap nisan yang terdapat pada makam juga di ikat dengan kain yang berwarna kuning, karena kain berwarna kuning adalah sebuah lambang khas daerah Melayu yang menerangkan bahwa makam ini adalah makam dari keturunan atau keluarga raja. Di salah satu bagian juga terdapat sebuah papan nama yang bertuliskan nama-nama silsilah keturunan Nong Isa dari beberapa generasi, mulai dari generasi 1700′an hingga generasi yang sekarang.

Semoga situs sejarah ini tetap dilestarikan oleh masyarakat Batam maupun Pemerintah Batam agar generasi-generasi selanjutnya dapat mengetahui sejarah dan perkembangan Pulau Batam ini sejak masa dahulu.

dari berbagai sumber

About Awaluddin Ahmad

Selamat Datang di Blog Kelurahan Sambau Kec. Nongsa Kota Batam "Biographical Info" Hanya Untuk Berbagi Info tentang Aktivitas Kami, Salam Kenal dan Semoga Sukses Selalu
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
This is the last post.

Tidak ada komentar