Select Menu

Slider

Visit Sambau

Info Keg. Daerah

Musrenbang

My Place

Galery Foto

Kampung Tua Sambau

Videos

» » Mengenal Pantai Nongsa Kel. Sambau Kec. Nongsa
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Salah satu Wisata "Pantai Nongsa" yang terletak di Kelurahan Sambau
Pantai Nongsa ini terletak di pesisir utara Pulau Batam, tepatnya di kawasan Kampung Nongsa, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa. Dinamakan Nongsa karena mengambil nama dari nama seorang Tokoh Melayu – Riau di Batam yang bernama Nong Isa, beliau berkuasa pada abad ke-18 dan merupakan seorang penguasa yang mengembangkan kawasan Pantai Nongsa pada masa itu. Menurut informasi, Kampung Nongsa adalah kampung yang pertama kali berada di Pulau Batam sebelum lahirnya kampung-kampung yang lain di sekitar Pulau Batam.

Kampung Nongsa dikenal masyarakat Batam sebagai kampung yang sangat bersahaja dengan keramahan penduduknya yang menciptakan suasana tradisional khas Indonesia. Ya, meskipun kini kondisi Kampung Nongsa tidak begitu ramai tapi keberadaan kampung ini masih dipertahankan sampai sekarang oleh Pemerintah Daerah demi melestarikan budaya Pulau Batam.
 
Pantai Nongsa sendiri bisa dikatakan pantai yang strategis, karena terletak diantara selat Singapura yang menghubungkan Perairan Indonesia dengan Perairan Singapura, maka para pengunjung dapat menyaksikan langsung View Negara Singapura dan Negara Malaysia yang letaknya tepat diseberang Pantai Nongsa. Pada malam hari sebuah View indah berupa bangunan gedung pencakar langit dan kerlap kerlip lampu dari Negara Singapura menambah eksotika Pantai Nongsa ini. Bahkan pada senja hari, di Pantai ini dapat kita lihat langsung peristiwa matahari terbenam yang merupakan view paling indah ketika berada di pantai.

Ada satu yang sangat menarik di kawasan Pantai Nongsa ini, yaitu sebuah pulau yang terletak di seberang Pantai Nongsa. Pulau tersebut bernama Pulau Putri yang merupakan sebuah pulau kecil yang masih menjadi bagian dari Provinsi Kepulauan Riau. Pulau Putri sendiri mempunyai keindahan alam yang tak kalah menariknya selain Pantai Nongsa. Maka wisatawan-wisatawan yang datang ke Pantai Nongsa sayang sekali rasanya apabila tidak singgah sejenak ke Pulau Putri.

Pemandangan Pantai Nongsa Kel. Sambau Kec. Nongsa pada saat sun set
Karena merupakan salah satu pantai yang populer di Pulau Batam, Pantai Nongsa ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan. Bahkan hampir setiap harinya, Pantai Nongsa selalu ramai oleh wisatawan. Peningkatan jumlah wisatawan biasanya terjadi pada hari libur ataupun hari besar. Wisatawan tersebut tentunya berasal dari dalam dan luar negeri, kadang terlihat juga masyarakat Pulau Batam yang berada di Pantai ini sekedar bersantai bersama keluarga dan teman-teman sambil menikmati keindahan alam.

Tiket masuk ke kawasan Pantai Nongsa ini juga sangat terjangkau, hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 9.500,- para wisatawan sudah dapat menikmati keindahan Pantai Nongsa dan keindahan alam disekitarnya. Pantai Nongsa ini juga dapat digunakan untuk melaksanakan berbagai kegiatan acara seperti Camping Ground atau pun acara Gathering. Bahkan wisata pantai ini dibuka selama 24 jam oleh pihak pengelola yang berarti tidak ada batasan waktu bagi para wisatawan apabila ingin berkunjung ke kawasan ini.

Pantai Nongsa yang selalu ramai dikunjungi

Pantai Nongsa Kel. Sambau dengan latar Pulau Puteri & Negara Singapura
Untuk mencapai lokasi Pantai Nongsa ini, para wisatawan biasanya menggunakan taksi yang terdapat di sekitar Bandara ataupun di Kota Batam. Dengan jarak tempuh sekitar 20 – 30 menit dari Bandara Hang Nadim atau 40 – 50 menit dari Kota Batam. Bagi para wisatawan yang berasal dari Singapura dan Malaysia, biasanya mereka menggunakan jasa Kapal Ferry yang terdapat di dermaga Tanah Merah (Singapura) dengan tujuan Terminal Ferry Nongsa, (Kecamatan Nongsa – Batam) dengan jarak tempuh hanya belasan kilometer

About Awaluddin Ahmad

Selamat Datang di Blog Kelurahan Sambau Kec. Nongsa Kota Batam "Biographical Info" Hanya Untuk Berbagi Info tentang Aktivitas Kami, Salam Kenal dan Semoga Sukses Selalu
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar