Select Menu

Slider

Visit Sambau

Info Keg. Daerah

Musrenbang

My Place

Galery Foto

Kampung Tua Sambau

Videos

» » Pulau Putri, Pulau Terdepan Di Kelurahan Sambau
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

P. Putri yang berbatasan langsung dengan Singapura & Malaysia
Pulau Putri adalah satu dari 92 pulau terluar Indonesia. Pulau terluar berarti pulau yang menjadi batas langsung antara Indonesia dengan negara tetangga.  Pulau Putri terletak terletak di perairan Nongsa, Batam, 1 kilometer di lepas pantai wisata nongsa. Posisi pulau putri memang sangat strategis; persis di emperan Selat Singapura –  selat tersibuk di dunia, dan berbatasan langsung dengan negara Singapura dan Malaysia.

Pulau Putri terdiri atas tiga bagian. Tiga bagian pulau ini menyatu saat laut surut dan terpisah ketika air laut pasang, sehingga tampak seperti tiga pulau terpisah. Pulau utama, tempat kami didaratkan, berukuran kecil saja. Kelilingnya cuma 300 meter. Pantai berpasir putih ada di pesisir yang menghadap ke pantai nongsa. Di sisi pulau yang menghadap selat singapura tidak ada pantai, melainkan tebing berbatu miring untuk mencegah abrasi. Ombak saat air pasang memang nauzubillah kuatnya. Nggak tau apa ombaknya memang selalu sekuat itu, atau cuma di waktu-waktu tertentu saja. Pulau kedua, yang terletak di timur pulau utama kondisinya memprihatinkan. Hampir setengah badan pulau mengalami abrasi hebat, menyisakan tebing  setinggi 10 meteran. Mengenaskan. Serem juga mau menyusuri tepian tebing tersebut, karena bisa saja tiba-tiba tanahnya longsor menimpa kita yang lewat di bawahnya

Pulau Putri Kel. Sambau dengan latar Negara tetangga
Yah, bagaimanapun pulau putri tetap menarik untuk dikunjungi. Berdiri di pulau ini berarti kita tengah berdiri di tepi negara indonesia tercinta. Kita ‘cuma’ perlu berenang 13 kilometer untuk mencapai pantai changi, singapura. Dan ‘hanya’ perlu berkayuh sampan 16 kilometer untuk sampai ke pesisir pengerang, johor malaysia. Sesuatu banget  kan?!
Selain menjelajah ketiga pulau, kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah berenang di pantai. Tersedia persewaan ban untuk mengapung di laut dengan tarif mulai dari Rp.5000, -. Tak perlu bawa alat snorkeling segala, karena laut di sini tak bening. Dan tak perlu pula cemberut melihat banana boat, jetski, atau flying fish beratraksi di sekitar pulau putri, karena semua itu bukan fasilitas pulau putri. Semuanya adalah fasilitas milik resort-resort di kawasan nongsa: Batam View, Turi Beach, Nongsa Point Marina.

Pulau Putri Kel. Sambau Kec. Nongsa

Pulau Putri Kel. Sambau Kec. Nongsa

Pulau Putri Kel. Sambau Kec. Nongsa

About Awaluddin Ahmad

Selamat Datang di Blog Kelurahan Sambau Kec. Nongsa Kota Batam "Biographical Info" Hanya Untuk Berbagi Info tentang Aktivitas Kami, Salam Kenal dan Semoga Sukses Selalu
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar